Get cash from your website. Sign up as affiliate.

Minggu, 03 April 2011

Beras Unggul Kerinci Rambah Pasar Luar Sumatra

Dua beras unggulan yang sudah dipatenkan Pemerintah Kabupaten Kerinci, Jambi, yakni Beras 'Payo' dan beras 'Gadis Kincai' pemasarannya kini sudah merambah luar Sumatra.

Kabag Humas Kabupaten Kerinci, Julizarman di Jambi, Minggu (27/3), mengatakan, mengatakan dua jenis beras unggulan itu, khususnya beras Payo sudah lama dikenal masyarakat luar Kabupaten Kerinci, hingga ke Pulau Jawa.

"Nama beras Payo sudah lama dikenal, namun belum dipatenkan dan disebutkan daerah asalnya, dan kini melalui Kanwil Kementrian Hukum dan HAM Jambi beras tersebut sudah dipatenkan," katanya.

Ia menyebutkan, khusus beras Payo merupakan varietas unggul dengan masa tanam atau panen satu kali setahun, masyarakat Kerinci menyebutnya padi tinggi.

Beras payo memiliki ciri panjang, putih dan wangi, dan beras itu sudah cukup dikenal dan disenangi kalangan masyarakat di luar kabupaten Kerinci.

Beras unggulan dan racikan yang dipatenkan yakni beras Gadis Kincai, juga dari varietas unggulan yang pemasarannya juga sudah merambah kota dan kabupaten tetangga.

Dua jenis beras yang dipatenkan itu juga menyamai kota dan kabupaten lain di Provinsi Jambi yang juga melakukan hal sama untuk mengenalkan produk unggulan dari daerahnya masing-masing.

Kabupaten Kerinci wialayah paling barat Provinsi Jambi merupakan daerah subur berada di kelilingi Bukit Barisan dan kawasan taman nasional Kerinci Seblat (TNKS).

Sebagai salah satu daerah lumbung padi di Provinsi Jambi, Kabupaten Kerinci tidak mengenal musim tanam dan musim panen, karena secara silih berganti tiap daerah selalu menanam dan memanen secara bersamaan.

"Sistim pengairan yang baik membuat petani di Kabupaten Kerinci tidak mengenal musim atau cuaca, mereka bisa menanam dan memanen kapan saja," kata Julizarman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar jika artikel ini bermanfaat dan maaf komentar spam saya hapus

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...