Get cash from your website. Sign up as affiliate.

Kamis, 07 April 2011

Kerinci Rancang Desa Wisata

Kabupaten Kerinci akan merancang desa agro wisata, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan baik dalam dan luar negeri. Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kerinci, Arlis Harun di Jambi, Jumat (18/3) mengatakan, selain kaya objek wisata alam, kabupaten Kerinci juga kaya dengan berbagai komoditas pertanian.

"Sejumlah kecamatan dan desa menghasilkan komoditas pertanian dan perkebunan yang bisa dijadikan kawasan agro wisata," katanya.

Ia mencontohkan, desa Pulau Tengah dengan hasil jeruknya, juga dikenal dengan jeruk pulau tengah, kecamatan Keliling Danau dengan produksi manggis, desa Lubuk Nagodang dengan dodol kentang dan desa Siulak Deras dengan minuman kulit manis.

Desa dan kecataman yang memprodukSI komoditas pertanian dan perkebunan olahan, itu bisa dijadikan sasaran kunjungan wisatawan saat datang ke Kerinci.

Di sela-sela mengunjungi berbagai objek wisata alam, wisatawan bisa singgah di daerah agro wisata tersebut. Lokasi desa atau kecamatan wisata agro itu juga terletak berdekatan atau melintasi objek wisata alam yang dituju, seperti jeruk pulau tengah dan manggis berada di sisi Danau Kerinci.

Selanjutnya untuk menikmati dodol kentang dan minuman dari kulit manis, wisatawan bisa melintasi usau berkunjung di objek wisata Air panas Semurup menuju objek wisata perkebunan teh Kayu Aro dan air terjun Telun Berasap.

Letak desa dan kecamatan agro wisata itu sangat strategis berada di sisi danau dan di jalan antara objek wisata satu dengan yang lainnya yang bisa dilewati sekali jalan.

Bekerja sama dengan berbagai instansi terkait, pembentukan dan pengembangan daerah agro wisata itu terus dilakukan, termasuk sentra kerajinan masyarakat, kata Arlis Harun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar jika artikel ini bermanfaat dan maaf komentar spam saya hapus

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...