Get cash from your website. Sign up as affiliate.

Jumat, 08 April 2011

Sistem Pemantau Gunung Kerinci Tak Maksimal

Sistem pemantauan Gunung Kerinci rusak akibat cuaca buruk di Kabupaten Kerinci, beberapa hari terakhir. Petugas pos pemantau gunung api Kerinci tidak bisa memberikan laporan yang akurat kepada masyarakat tentang perkembangan aktivitas gunung api tertinggi di Sumatra tersebut. Demikian diungkapkan petugas Pos Pemantau Gunung Api Kerinci, Heri Prasetyo ketika dihubungi dari Jambi, Senin (4/4).

Menurut dia, sejak empat hari lalu, petugas pos pemantau di Kayu Aro tidak bisa membaca data aktivitas gunung secara akurat. Terpaan angin kencang membuat alat rekam seismik yang diletakkan di sekitar kawasan Gunung Kerinci, tidak bisa bekerja maksimal.

Heri menjelaskan angin kencang sejak empat hari lalu mempengaruhi sistem kerja seismograf atau alat pemantau aktivitas gunung. Alat bergoyang akibat terpaan angin. Akibatnya, alat baca seismik menunjukkan amax atau amplitudo yang tidak biasa.

"Dari empat hari lalu, seismograf tidak berfungsi maksimal karena gangguan angin kencang. Jadi kami tidak bisa melaporkan perkembangan aktivitas Gunung Kerinci secara akurat," jelasnya.

Sejak terganggu angin kencang, data yang terbaca oleh seismograf menunjukkan Gunung Kerinci seperti berstatus awas. Padahal, tidak demikian. Sejak 29 Maret lalu, data aktivitas Gunung Kerinci yang bisa dibaca hanya gempa embusan, sementara gempa vulkanik dan tektonik tidak bisa terekam oleh seismograf.

Meski demikian, Heri mengatakan, status Gunung Kerinci sampai saat ini masih waspada. Aktivitas gempa vulkanik terakhir tercatat terjadi pada 29 Maret 2011 dengan panjang amax 12 hingga 14 milimeter dan lama gempa 11-15 detik.

Dia berharap agar kerusakan bisa diperbaiki secepat mungkin. Sebab, yang paling penting adalah melaporkan gempa tektonik dan vulkanik. "Mudah-mudaha segera diperbaiki, agar kerja kita bisa optimal kembali," ungkapnya.

Metrotvnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar jika artikel ini bermanfaat dan maaf komentar spam saya hapus

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...